Lindungi Mata Pasca Operasi Mata Katarak

Diposting oleh Redaksi


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: dailymail.co.uk

Pengobatan katarak tak hanya terhenti di operasi saja. Setelah operasi, pasien diwajibkan untuk menaati beberapa prosedur agar mata bisa secepatnya sembuh dan mengurangi risiko efek samping. 

Prosedur operasi mata katarak berlangsung cepat, dan biasanya hanya memakan waktu sekitar 20 menit. Setelah itu, Anda langsung diperbolehkan pulang ke rumah. Masa-masa pemulihan akan terus dipantau dokter. Namun ingat, waktu pemulihan yang dihabiskan setiap pasien bervariasi tergantung bagaimana pasien menjaga dan melindungi matanya pasca operasi. 

1. Gunakan obat tetes mata. Biasanya dokter mata akan meresepkan oabt tetes mata khusus yang didesain untuk mengontrol peradangan pasca operasi.

2. Gunakan pelindung mata. Selama seminggu pertama setelah operasi, amat penting bagi pasien untuk memegang atau menggaruk mata. Oleh karena itu dokter akan memberikan Anda perisai pelindung untuk dipakai saat Anda tidur.

3. Pakai kacamata hitam. Karena mata Anda sangat sensitif terhadap cahaya dan silau, maka penting untuk melindungi mata dari sinar matahari.

4. Jaga kebersihan sekitar area mata. Untuk menghindari paparan bakteri di mata, maka dokter akan merekomendasikan agar pasien (terutama wanita) untuk tidak menggunakan makeup di mata selama seminggu pasca operasi.

5. Cuci tangan yang bersih sebelum menyentuh daerah mata.

6. Hindari olahraga berat. Sebagai bagian tahapan penyembuhan, hindari melakukan aktivitas fisik berat, termasuk mengangkat benda berat yang dapat meningkatkan tekanan intraokular.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar