Cegah Mata Katarak, Perlu Adanya Edukasi Kesehatan Mata Pada Wanita

Diposting oleh Redaksi


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: jonathanrossiter.com

Menurut penelitian, wanita lebih berisiko mengembangkan mata katarak dibandingkan pria. Mengingat pengobatan katarak tergolong mahal dan dapat memberatkan beban ekonomi Anda, maka tak ada salahnya untuk mulai tahu apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko mata katarak.

1. Lakukan pemeriksaan mata rutin setiap dua tahun sekali terutama ketika sudah menginjak usia 40 tahun. Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan penyakit mata dan mengalami perubahan penglihatan, maka segeralah temui dokter mata.

2. Berhenti merokok. Merokok mempengaruhi banyak organ tubuh, termasuk mata. Perokok aktif sangat berisiko tinggi mengalami kebutaan. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk menemukan solusi tepat menghentikan kebiasaan itu.

3. Menjaga berat badan. Obesitas menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, seperti stroke, diabetes bahkan gangguan penglihatan. 

4. Konsumsi makanan sehat, terutama buah-buahan dan sayuran berwarna cerah. Makanan yang mengandung karotenoid dan antioksidan seperti sayuran berwarna hijau, dan buah-buahan yang kaya vitamin C, seperti jeruk, stroberi dan melon dapat melindungi kesehatan mata. Jangan lupa konsumsi makanan yang kaya akan omega 3 seperti kacang-kacangan, salmon dan kuning telur. 

5. Lindungi mata dari sinar matahari yang berbahaya. Hindari berada di bawah sinar matahari terlalu lama tanpa pelindung mata. Tak ada salahnya berinvestasi membeli kacamata hitam yang memiliki anti UVA dan UVB.

6. Gunakan kosmetik dan lensa kontak yang aman. Cuci tangan dan wajah secara menyeluruh sebelum menggunakan lensa kontak dan kosmetik. Penting pula diketahui untuk tidak berbagi make up. 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar