Pengobatan Katarak Melalui Operasi Sebabkan Mata Kering

Diposting oleh Redaksi


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: visianinfo.com

Rasa tak nyaman pasca melakukan pengobatan katarak dengan operasi merupakan hal wajar. Sebenarnya, pengobatan katarak dengan operasi merupakan salah satu prosedur yang aman dan efektif, namun dalam beberapa kasus justru ditemukan sedikit masalah yang membuat pasien merasa tak nyaman.

Masalah mata kering menjadi salah satu kondisi yang ditakutkan sebagian pasien yang melakukan operasi mata katarak. Mata kering atau dikenal dengan nama  keratoconjunctivitis sicca merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan peradangan pada mata dan kelenjar yang memproduksi air mata. Peradangan ini mengurangi kemampuan mata untuk memproduksi jumlah air mata normal di mana air mata berfungsi melindungi mata dari iritasi serta membuat mata tetap lembab dan dilumasi dengan baik. 

Mata kering ditandai dengan sensitivtas pada mata, seperti mata terasa gatal, berpasir atau panas terbakar hingga mata menjadi kemerahan, berlendir dan sensitif terhadap cahaya. Selain efek samping operasi katarak, faktor lingkungan, udara kering dan angin bisa menjadi penyebab munculnya masalah ini.

Pada saat pelaksaan operasi mata katarak, saraf di kornea terpotong akibat penggunaan laser. Saraf kornea ini penting dalam pengaturan air mata karena bertugas memberitahu otak untuk memproduksi lebih banyak air mata. Jika saraf ini terpotong, maka kemampuan mata untuk memproduksi jumlah air mata dalam jumlah tepat akan terganggu. Akibatnya, kondisi mata tak bisa terelakkan, dan menyebabkan rasa nyeri, iritasi dan penurunan penglihatan pada penderitanya.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar