Kenali Tanda-Tanda Kemunculan Mata Katarak Kortikal

Diposting oleh Redaksi


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: media.clinicaladvisor.com

Kekeruhan di lensa alami mata dikenal dengan katarak. Ada tiga tipe mata katarak yang berkaitan dengan usia, yaitu katarak nuklear, kortikal, dan subkapsular. Setiap katarak berkembang di bagian tertentu di lensa mata. Dan, tentu saja setiap jenis katarak memiliki gejala-gejala yang berbeda-beda. Misalnya, katarak kortikal menyebabkan gejala seperti penurunan penglihatan, silau terhadap cahaya, dan penglihatan ganda.

1. Penurunan penglihatan. Katarak kortikal ditandai dengan munculnya seperti jari-jari seperti roda di tepi lensa. Ketika katarak kortikal di bagian tepi lensa, ketajaman visual tidak akan terpengaruh. Namun, ketika daerah kekeruhan meluas hampir ke bagian tengah lensa, ketajaman visual akan mulai menurun. 

2. Silau. Kekeruhan yang terjadi di korteks mata (lapisan kulit lensa) dapat mengganggu sinar cahaya masuk ke mata. Pantulan cahaya akhirnya menyebabkan masalah silau bagi penderita katarak kortikal. Masalah silau ini dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mengemudi di malam hari.

3. Penglihatan ganda. Pantulan cahaya juga dapat menyebabkan penderita melihat dua gambar dalam satu mata. Gejala ini tentu saja mengganggu dan perlu ditindaklanjuti oleh dokter mata. Pengobatan katarak sedini mungkin akan membantu penderitanya.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar