Mengenal Berbagai Teknik Operasi Pengobatan Katarak

Diposting oleh Redaksi


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: sjeyeassociates.com

Keputusan untuk melakukan pengobatan katarak dilakukan setelah seorang penderita mulai mengeluhkan sulit mengerjakan aktivitas sehari-hari. Pengobatan katarak melalui operasi menjadi jalan keluar untuk mengembalikan penglihatan. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk melakukan operasi, ketahui dahulu teknik-teknik yang digunakan dalam prosedur tersebut.

1. Fakoemulsifikasi. Bentuk paling umum dari penghapusan mata katarak. Tahapan operasi ini dimulai dengan pemberian obat tetes mata atau suntikan penghilang rasa sakit. Dengan metode modern ini, operasi katarak biasanya dilakukan dalam waktu kurang dari 30 menit. Setelahnya, tak ada jahitan yang digunakan untuk menutupi luka.

2. Ekstrakapsular. Teknik ini membutuhkan sayatan yang lebih besar agar katarak dapat dihilangkan dalam satu potongan tanpa terpecah-pecah dalam mata setelah pasien diberikan suntikan obat mati rasa di sekitar mata. Kemudian lensa buatan dimasukkan sebagai pengganti lensa alami mata. Teknik ini kini sudah ditinggalkan karena membutuhkan jahitan untuk menutup luka yang besar dan proses pemulihan penglihatan yang cukup lama. 

3. Intracapsular. Operasi ini membutuhkan sayatan yang lebih besar dibandingkan operasi ekstrakapsular. Kini, metode ini jarang dipakai tetapi masih berguna untuk menangani kasus-kasus trauma yang signifikan. 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar