Rutin Olahraga Hindari Pengobatan Katarak yang Mahal

Diposting oleh Redaksi


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: honeygood.com

Seperti yang sudah Anda tahu, olahraga membantu menjaga berat badan, mencegah penyakit kardiovaskular dan menurunkan kolesterol. Tapi apakah Anda juga tahu bahwa olahraga juga membantu melindungi kesehatan mata? Olahraga menjadi pencegah sekaligus pengobatan katarak yang murah bagi penderita mata katarak.

Mata katarak terbentuk saat lensa mata menjadi buram dan menyebabkan gangguan penglihatan. Peneliti percaya bahwa olahraga membantu meningkatkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh. Peradangan dan oksidasi mempromosikan pembentukan katarak dan kolesterol baik terbukti memiliki efek anti-inflamasi dan anti-oksidatif. Selain itu, latihan fisik juga meningkatkan aliran dan sirkulasi darah ke jaringan mata dan membantu membuang racun jauh dari mata. 

Sebuah studi kasus mencoba membuktikan pasien katarak yang rutin aktivitas fisik dengan pasien katarak yang jarang berolahraga. Hasilnya, penderita katarak yang jarang atau tidak sama sekali melakukan aktivitas fisik cenderung 7 kali lebih tinggi mengembangkan katarak dibandingkan mereka yang rajin berolahraga. Dalam penelitian lain, peneliti menemukan bahwa jogging lebih dari 40 mil per minggu membantu mengurangi 35 persen kemungkinan pengembangan katarak dibandingkan mereka yang hanya berlari 10 mil per minggu.

Untuk mendukung kesehatan mata Anda, maka jangan lupa lengkapi gaya hidup sehat lainnya dengan mengonsumsi makanan sehat. Ingat, salah satu penyebab terbesar munculnya mata katarak adalah merokok. Jadi bila Anda seorang perokok aktif, mulailah untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar