Penyakit Mata yang Terkait Penuaan

Diposting oleh Redaksi


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: amoils.com

Ada beberapa masalah mata yang kerap terjadi seiring bertambahnya usia. Mata katarak, presbiopia hingga glaukoma pasti akan dialami setiap orang.

1. Presbiopia (kesulitan membaca). Presbiopia adalah hilangnya kemampuan untuk melihat benda-benda dekat atau tulisan kecil dengan jelas. Kondisi ini adalah proses normal yang terjadi secara perlahan seumur hidup, walaupun kebanyakan orang akan sadar mengalami presbiopia saat menginjak kepala empat. Penderita presbiopia biasanya memerlukan kacamata untuk membantu penglihatan mereka.

2. Mata katarak. Mata katarak merupakan daerah berawan yang menutupi sebagian atau seluruh lensa. Mengingat lensa mata bekerja layaknya kamera, mata katarak menyebabkan cahaya tidak mampu melewati lensa ke bagian belakang mata, yaitu retina, di mana menjadi tempat memproses gambar. Cahaya yang tidak bisa melewati lensa dengan mudah menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Mata katarak berkembang secara perlahan, tetapi penderitanya bisa melakukan pengobatan katarak dengan operasi meskipun katarak masih kecil.

3. Glaukoma. Kondisi ini terjadi ketika ada terlalu banyak tekanan cairan di dalam mata, karena aliran normal cairan berair antara kornea dan lensa mata terhambat. Jika tidak ditangani sedini mungkin, glaukoma menyebabkan penderitanya kehilangan penglihatan permanen (kebutaan).

4. Degenerasi makula. Degenerasi makula biasanya mempengaruhi orang yang berusia lebih dari 50 tahun. Kondisi ini terjadi karena penuaan mempengaruhi retina di bagian belakang mata. Degenerasi makula memiliki dua jenis, yaitu degenerasi makula kering dan degenerasi makula basah. 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar