Dua Penyebab Katarak di Usia Muda

Diposting oleh Redaksi


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: img.webmd.com


Mata katarak sering dialami orang lanjut usia. Penyebabnya, proses penuaan. Namun kini, proses katarak bisa juga terjadi di kalangan usia 40 tahun ke atas. Hal ini dihubungkan dengan kadar radikal bebas penyebab penuaan yang terakumulasi di mata.

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol merupakan dua penyebab umum terjadinya mata katarak  pada kalangan usia muda. Menurut penelitian, orang yang merokok 20 batang rokok atau lebih setiap hari memiliki risiko dua kali lebih tinggi mengembangkan mata katarak dibandingkan non-perokok.

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam JAMA Opthalmology menunjukkan hal yang sama. Peneliti mengamati sekelompok pria penduduk Swedia berusia 45-79 tahun, dan memeriksa ada atau tidaknya hubungan antara berhenti merokok dengan lebih dari 5.700 kasus katarak selama 12 tahun terakhir.

Hasilnya, pria yang merokok 15 batang setiap hari memiliki risiko 42 persen lebih tinggi mengalami katarak dibandingkan pria non-perokok. Oleh karena itu, berhenti merokok menjadi cara untuk mencegah mengalami mata katarak. Selain itu, berhenti merokok juga membantu menurunkan risiko stroke, penyakit jantung, dan sebagainya.

Jangan lupa untuk mulai mengurangi pengonsumsian minuman alkohol satu hingga dua gelas setiap hari. The National Eye Institute melaporkan risiko mata katarak kian tinggi di kalangan peminum alkohol berat.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar