Anak Ibu Terkena Katarak?

Diposting oleh Redaksi


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: webmd.com

Katarak ditandai dengan munculnya area berawan atau berkabut putih di lensa mata, yang menghalangi cahaya masuk ke retina. Akibatnya, penderitanya akan kesulitan untuk melihat. Meskipun banyak dialami oleh orang lanjut usia, mata katarak juga terjadi pada sekitar satu dari 5.000 kelahiran. 

Kondisi ini biasanya muncul pada saat lahiran dan lebih sering terjadi pada bayi prematur. Namun, masalah genetik, infeksi kehamilan dan berat badan lahir rendah juga bisa memicu mata katarak pada bayi.

Anak yang menderita katarak mudah diketahui. Jika anak tidak dapat menemukan benda kecil ketika ia merangkak di lantai, kemungkinan besar anak memiliki katarak. Perhatikan pula jika anak Anda menangis atau menutup muka saat terpapar sinar matahari.

Tentu saja, harus segera dilakukan pengobatan katarak. Semakin cepat dilakukan pengobatan katarak, semakin besar kesempatan anak-anak untuk mengembangkan penglihatan secara normal. Penglihatan yang kabur atau terganggu hanya akan membuat otak anak mengatur koneksi penglihatan menjadi tidak normal. Pengembangan penglihatan yang tidak normal ini disebut amblyopia.

Anak-anak hanya memerlukan pembedahan untuk mencegah terjadinya kebutaan. Meskipun mungkin terasa sakit saat menjalani operasi, lensa pengganti yang ditanamkan di lensa mata tak akan membuat anak-anak merasa tidak nyaman.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar