3 Mitos Salah Kaprah Soal Mata

Diposting oleh Redaksi


Lasik Jakarta
Sumber foto: martineehrenclou.com

Meskipun kemajuan luar biasa dalam bidang teknologi dan ilmu pengetahuan yang telah membantu dokter memahami penglihatan mata manusia lebih baik dari sebelumnya, sayangnya masih banyak mitos yang dipercaya masyarakat. Berikut empat mitos terkait dengan mata dan penjelasannya.

Mitos #1: Keseringan menyipitkan mata dapat mengganggu penglihatan
Keseringan menyipitkan mata mungkin menjadi tanda bahwa Anda perlu mengoreksi penglihatan Anda ke dokter. Ada sedikit efek samping dari kebiasaan menyipitkan mata terlalu sering, seperti sakit kepala dari kontraksi otot-otot di wajah, tetapi hal ini tidak akan merusak penglihatan.

Mitos #2: Membaca di tempat gelap tidak baik bagi mata
Membaca dalam tempat gelap atau dalam kondisi cahaya minim memang sulit, tetapi hal ini tidak akan menyebabkan kerusakan permanen pada penglihatan Anda. Ketika cahaya minim, pupil Anda akan diperlebar untuk memungkinkan lebih banyak cahaya yang masuk ke mata. Pupil yang lebar tidak akan rentan terhadap kerusakan dibandingkan pupil yang mengecil untuk mengurangi cahaya yang masuk ke mata.

Mitos #3: Jangan nonton terlalu dekat TV atau layar komputer
Anda pasti selalu mendengar perintah ibu agar jangan duduk begitu dekat dengan TV karena merusak penglihatan. Katakan pada ibu bahwa itu hanya mitos. Menatap TV, monitor komputer atau perangkat mobile tidak akan membuat mata lelah tanpa membuat mata menjadi rusak. Namun, amatlah penting untuk mengambil istirahat dari menatap layar televisi atau komputer untuk menghindari gejala mata kering atau sakit kepala.


Oleh: @innesspw

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar