Masih Kecil kok Sudah Kena Katarak?

Diposting oleh Redaksi


Mata Katarak | Pengobatan Mata Katarak | Operasi Mata Katarak
Foto: schneidereyemd.com

Bunda, masalah penglihatan bisa terjadi pada siapa pun. Termasuk katarak yang tanpa disadari bisa dialami oleh sang buah hati.

Katarak kongenital (katarak pada masa kanak-kanak) umumnya terjadi karena lensa mata yang awalnya jernih berubah menjadi keruh. Pada anak-anak, katarak dapat mempengaruhi satu atau kedua mata. Jika dibiarkan, penglihatan anak dapat berpengaruh dan bisa menyebabkan kerusakan mata permanen. Dalam kasus ini, operasi mengganti lensa mata asli biasanya akan direkomendasikan dilakukan sesegera mungkin.

Kondisi ini biasanya terdeteksi setelah satu bulan pertama kelahiran. Waspada bunda, katarak berkembang secara perlahan dan tidak menimbukkan nyeri. Data WHO memperkirakan jumlah kasus katarak kongenital lebih tinggi pada anak-anak di negara berkembang.

Ada beberapa alasan mengapa seorang anak bisa terlahir dengan katarak atau mengembangkan katarak selagi muda, diantaranya kesalahan genetik yang diturunkan dari orang tua sehingga lensa mata anak tidak berkembang secara normal, kondisi genetik tertentu, termasuk sindrom Down, infeksi selama masa kehamilan, seperti rubella dan cacar air.


Oleh: Innes

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar