Hitung Untung dan Rugi Jalani Operasi Katarak

Diposting oleh Redaksi


Mata Katarak | Pengobatan Katarak
Sumber: allaboutvision.com

Penyakit mata sering kali disepelekan karena tidak menyebabkan kematian. Meskipun begitu, gangguan katarak akan dialami oleh setiap orang seiring bertambahnya usia. Kekeruhan mata yang menyebabkan mata menjadi berselaput dan penglihatan kabur ini dapat disembuhkan melalui operasi mata. 

Prosedur bedah dengan teknologi laser saat ini menjadi harapan baru dikalangan penderita mata katarak. Pengobatan katarak ini dipercaya mampu memperbaiki penglihatan menjadi normal kembali, sekaligus mencegah kebutaan permanen. Ironisnya, dua pertiga penderita kebutaan yang disebabkan katarak adalah wanita.

Keuntungan
Operasi katarak diklaim mampu memperbaiki penglihatan 85-92 dari 100 pasien orang dewasa. Bahkan, operasi ini juga mampu mengembalikan penglihatan bayi dengan katarak. Dalah sebuah penelitian berskala besar, 95 dari 100 pasien operasi katarak menyatakan kepuasannya. Sementara sisanya yang menyatakan tidak puas umumnya memiliki penyakit mata yang diderita selain katarak.

Kerugian
Sedikitnya 10 dari 100 pasien yang melakukan komplikasi operasi katarak mengeluhkan penglihatan yang masih kabur. Tingkat komplikasi meningkat pada orang yang memiliki penyakit mata lainnya selain katarak. Meskipun terdapat risiko yang tidak terlalu parah, operasi katarak tidak akan menyebabkan pasien kehilangan penglihatan jika operasi tersebut tidak berhasil atau jika terjadi komplikasi. Beberapa komplikasi dapat diobati, dan penglihatan kembali pulih.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar